Penyembunyian Anak

—   Penyembunyian anak oleh orang tua adalah bentuk pelecehan terhadap anak.

Anda dan anak Anda dalam posisi rentan saat hubungan Anda dengan pihak orang tua anak lainnya telah rusak atau bermasalah.

—  Penyembunyian anak adalah pelanggaran yang salah karena melakukan memindahkan atau menahan, menangkap termasuk menyembunyikan anak atau bayi.

Penyembunyian anak didefinisikan sebagai mengambil anak tanpa ijin dengan bujukan, penipuan, kekuatan ataupun kekerasan. Ada dua tipe penyembunyian anak, penyembunyian oleh salah satu orang tua atau penculikan oleh orang asing. Umumnya, penyembunyian oleh salah satu orang tua yang paling banyak terjadi.

Jika salah satu pihak orang tua menyembunyikan anaknya dari pihak orang tua yang lain, umumnya hal ini terjadi saat proses perceraian atau setelah perceraian dan hal ini bertujuan untuk menghindari putusan pengadilan ataupun melanggar putusan pengadilan berkaitan dengan hak asuh anak.

—   Penyembunyian anak sulit untuk dipahami. Pikiran sang anak telah dirampas adalah merupakan mimpi buruk bagi setiap orang tua manapun.

Bentuk umum dari penyembunyian anak adalah penyembunyian anak yang dilakukan oleh salah satu orang tua dengan cara mengambil, menahan kemudian menyembunyikannya dari pihak orang tua lainnya. Sudah menjadi pemikiran masyarakat umum bahwa yang menyembunyikan anak tersebut adalah orang tuanya.

Penyembunyian anak semacam ini tidak mendapatkan dukungan dari pihak orang tua lainnya yang tidak menyembunyikan, karena dilakukan tanpa menghargai kenyataan dan akan menambah kerumitan untuk diatasi.

—  Semakin lama anak itu hilang, akan semakin banyak kekhawatiran atas emosi, kenyamanan serta kesejahteraannya.

Memindahkan seorang anak dari rumahnya atau lingkungannya dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatannya, biasanya seorang anak membutuhkan keluarganya untuk membantu mereka melalui perubahan atas keberadaan di komunitas baru dan di sekolah.

Anak-anak harus dibuat agar merasakan kenyamanan dan diterima setelah perpindahan, memastikan bahwa pengalaman perpindahan tersebut tidak membawa dampak buruk emosional secara berkepanjangan. Sekarang bayangkan apa yang akan dirasakan seorang anak jika ia dipindahkan dan hubungannya dengan salah satu orang tua lainnya diputus, terutama jika anak tersebut kemudian diisolasi, tidak ditempatkan di sekolah dan memiliki keterbatasan interaksi sosial karena orang tua yang menyembunyikannya takut keberadaan anak ini diketahui oleh orang tua lainnya.

—  Kami di sini membantu Anda secara independen untuk melakukan pencarian anak Anda yang disembunyikan.

Jika diperlukan, kami juga dapat bekerja sama dengan Komisi Perlindungan Anak dan/atau Pihak Penegak Hukum di Indonesia tergantung permintaan Klien.