Pemeriksaan Latar Belakang

—   Apakah Pemeriksaan Latar Belakang?

Untuk mendapatkan informasi aktual atas keberadaan, identitas, perilaku atau kredibilitas seseorang atau sebuah perusahaan, partner bisnis, dan lain-lain.

—   Apa yang kami tawarkan :

1. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ Pra-Kerja.

—  Pemeriksaan latar belakang pra-kerja adalah bagian tak terpisahkan dari proses perekrutan dalam suatu perusahaan, khususnya bagi perusahaan yang memiliki sensitifitas pekerjaan dan informasi yang tinggi.

Pemeriksaan latar belakang calon karyawan oleh Investigator swasta biasanya dilakukan dengan persetujuan penuh dari pemohon dan sebelum dilakukan penandatangan kontrak kerja.

Para Kandidat yang nantinya berpotensi memiliki kewenangan tinggi dalam Perusahaan, seyogyanya harus melalui proses pemeriksaan secara teliti dan secara detail mengenai riwayat pekerjaan terdahulu, pendidikan serta kualifikasinya. Jika Kandidat melakukan kecurangan ataupun ketidak jujuran, maka mereka tidak layak untuk mendapatkan kedudukan maupun gaji yang mereka inginkan.

Sebagaimana halnya dengan pemeriksaan latar belakang Kandidat pekerja, pemeriksaan latar belakang Staff sampai tingkat Eksekutif yang akan mendapat promosi sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan mengenai kehidupan/ kegiatan pribadi diluar pekerjaan yang dapat beresiko merusak citra ataupun merugikan Perusahaan. /p>

   —   Cakupan ‘Pemeriksaan Latar Belakang’ :
  • Memeriksa identitas perorangan.
  • Referensi kepribadian dan karakter.
  • Pencocokkan riwayat pekerjaan terdahulu.
  • Memeriksa kualifikasi pendidikan.
  • Memeriksa perijinan khusus atas nama Kandidat.
  • Pemeriksaan referensi-referensi.
  • Catatan kriminal.
  • Pemeriksaan pelanggaran seksual.
  • Pemeriksaan hasil test kesehatan.
  • Status keuangan / laporan kredit.
  • Pemeriksaan kepemilikan properti.

2. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ Perusahaan.

—  Investigasi Latar Belakang Perusahaan bertujuan untuk mengetahui apakah suatu Perusahaan atau Bisnis benar-benar sesuai dengan apa yang disampaikan, bukan hanya sebatas pembicaraan ataupun paparan tertulis untuk meyakinkan Anda.

Pemeriksaan jenis ini, dilakukankan terhadap bisnis itu sendiri dan bukan hanya individual, dengan tujuan untuk mengambil alih atau membeli saham ataupun melakukan rencana kerjasama bisnis.

Dalam hal ini Aset Perusahaan, document dan bahan-bahan perusahaan diteliti kebenarannya untuk memastikan pembeli tidak dikecewakan oleh para penipu yang mempercantik bisnis mereka, padahal telah mengalami kegagalan atau bangkrut.

Disamping memeriksa data riwayat perusahaan yang sebenarnya, ada baiknya juga memeriksa Latar Belakang Pemilik atau Petinggi dari perusahaan tersebut.

3. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ Calon Partner Bisnis.


—  Memulai bisnis baru pasti mengandung resiko yang harus diperhitungkan. Sama halnya dengan meluncurkan suatu produk baru, bekerja sama dengan rekan bisnis baru membutuhkan perlindungan terhadap investasi Anda dari potensi resiko dan kegagalan.

Bahaya yang dapat muncul dari rekan bisnis baru seperti: Ketidak jujuran, Penipuan, Bonafiditas palsu dsb.nya yang pada kenyataannya dapat membawa kepada kerugian finansial yang sangat besar.

Ada kemungkinan terjadinya bahaya yang lebih besar, yaitu kemungkinan kehilangan pesanan barang yang telah Anda kirim, bahkan tidak dibayarnya kredit yang Anda berikan, putusnya hubungan dagang yang merugikan Anda, bahkan kemungkinan gugatan hukum dari pihak lain. Faktanya, Perusahaan yang tidak melakukan seleksi calon Partner bisnis secara teliti dan hati-hati, telah menempatkan resiko atas investasi mereka.

4. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ calon Penyewa

— Sebagai pemilik properti, secara mudah Anda menyerahkan properti ke tangan orang yang tidak dikenal.

Menggunakan jasa Penyelidik swasta untuk memeriksa latar belakang calon Penyewa dapat memberikan Anda rasa aman.

Tidak ada hal yang lebih buruk dari seorang Penyewa yang lari sebelum membayar tuntas uang sewa, merusak properti Anda, menjual perlengkapannya, bahkan menggunakan properti anda sebagai rumah maksiat atau kegiatan ilegal lainnya.

Pemeriksaan latar belakang Penyewa harus dilakukan sebelum ditanda tanganinya perjanjian sewa menyewa, dan pastinya sebelum kunci apapun dipindah tangankan kepada Penyewa.