Pemeriksaan Latar Belakang

—   Apakah Pemeriksaan Latar Belakang?

Untuk mendapatkan informasi atas kebenaran atas keberadaan, identitas, perilaku atau kredibilitas seseorang atau sebuah perusahaan, partner bisnis, dan lain-lain.

—   Apa yang kami tawarkan :

1. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ Pra-Kerja.

—  Pemeriksaan latar belakang pra-kerja adalah bagian tak terpisahkan dari proses perekrutan dalam suatu perusahaan, khususnya bagi perusahaan yang memiliki sensitifitas pekerjaan dan informasi yang tinggi.

Pemeriksaan latar belakang calon karyawan oleh Investigator swasta biasanya dilakukan dengan persetujuan penuh dari pemohon dan sebelum dilakukan penandatangan kontrak kerja.

Para Kandidat yang nantinya berpotensi memiliki kewenangan tinggi dalam Perusahaan, seyogyanya harus melalui proses pemeriksaan secara teliti dan secara detail mengenai riwayat pekerjaan terdahulu, pendidikan serta kualifikasinya. Jika Kandidat melakukan kecurangan ataupun ketidak jujuran, maka mereka tidak layak untuk mendapatkan kedudukan maupun gaji yang mereka inginkan.

Sebagaimana halnya pekerja dengan posisi jabatan yang lebih rendah, pemeriksaan Latar Belakang dan masa lalu Pekerja sebaiknya dilakukan untuk memastikan bisnis suatu Perusahaan berjalan mulus sesuai dengan yang direncanakan.

   —   Cakupan ‘Pemeriksaan Latar Belakang’ :
  • Memeriksa identitas perorangan.
  • Referensi kepribadian dan karakter.
  • Pencocokkan riwayat pekerjaan terdahulu.
  • Memeriksa kualifikasi pendidikan.
  • Memeriksa perijinan khusus atas nama Kandidat.
  • Pemeriksaan referensi-referensi.
  • Catatan kriminal.
  • Pemeriksaan pelanggaran seksual.
  • Pemeriksaan hasil test kesehatan.
  • Status keuangan / laporan kredit.
  • Pemeriksaan kepemilikan properti.

2. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ Perusahaan.

—  Investigasi Latar Belakang Perusahaan bertujuan untuk mengetahui apakah suatu Perusahaan atau Bisnis benar-benar sesuai dengan apa yang disampaikan, bukan hanya sebatas pembicaraan ataupun paparan tertulis untuk meyakinkan Anda.

Pemeriksaan jenis ini, dilakukankan terhadap bisnis itu sendiri dan bukan hanya individual, dengan tujuan untuk mengambil alih atau membeli saham ataupun melakukan rencana kerjasama bisnis.

Dalam hal ini Aset Perusahaan, document dan bahan-bahan perusahaan diteliti kebenarannya untuk memastikan pembeli tidak dikecewakan oleh para penipu yang mempercantik bisnis mereka, padahal telah mengalami kegagalan atau bangkrut.

Disamping memeriksa data riwayat perusahaan yang sebenarnya, ada baiknya juga memeriksa Latar Belakang Pemilik atau Petinggi dari perusahaan tersebut.

3. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ Prospektif Rekan Bisnis.


—  Memulai bisnis baru pasti mengandung resiko yang harus diperhitungkan. Sama halnya dengan meluncurkan suatu produk baru, bekerja sama dengan rekan bisnis baru membutuhkan perlidungan terhadap bisnis Anda dari potensi resiko dan kegagalan.

Bahaya yang dapat muncul dari rekan bisnis baru seperti: Suplier, Pedagang besar, Konsultan serta perwakilan komersial, pada kenyataannya dapat membawa kepada kerugian finansial yang sangat besar, seperti : Denda, penalti, ganti rugi, pembayaran kompensasi dsb.nya.

Bahkan ada kemungkinan terjadinya bahaya yang lebih besar, yaitu kemungkinan kehilangan pesanan barang, putusnya hubungan dagang, putusnya hubungan kerja oleh para pekerja, sebagai akibat kekuatiran terhadap kemungkinan gugatan hukum dari pihak lain atau akan dilakukannya perubahan struktur Perusahaan. Faktanya, Perusahaan yang tidak melakukan pemilihan dan seleksi rekan bisnis mereka secara hati-hati, telah menempatkan resiko atas reputasi mereka.

4. Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ Penyewa

— Sebagai pemilik properti, secara mudah Anda menyerahkan properti ke tangan orang yang tidak dikenal.

Menggunakan jasa Penyelidik swasta untuk memeriksa latar belakang calon Penyewa dapat memberikan Anda rasa aman.

Tidak ada hal yang lebih buruk dari seorang Penyewa yang lari sebelum membayar tuntas uang sewa, merusak properti Anda, menjual perlengkapannya, bahkan menggunakan properti anda sebagai rumah maksiat atau kegiatan ilegal lainnya.

Pemeriksaan latar belakang Penyewa harus dilakukan sebelum ditanda tanganinya perjanjian sewa menyewa, dan pastinya sebelum kunci apapun dipindah tangankan kepada Penyewa.

5. Pemeriksaan Latar Belakang Pemilik Properti

Sama halnya seperti pemeriksaan latar belakang terhadap penyewa, terkadang Penyewa juga ingin mengetahui latar belakang dari pemilik properti.

Pemilik properti yang bermasalah tentunya juga dapat menimbulkan masalah, dan menggunakan jasa penyelidik swasta dengan memeriksa sedikit latar belakangnya dapat memberikan perbedaan antar kebahagiaan dengan kesengsaraan.

6. Pemeriksaan Latar Belakang Pengasuh

—  Apabila anda ingin menggunakan jasa pengasuh untuk mengurus rumah dan menjaga anak Anda, dan Anda menemukan kandidat pengasuh melalui Agen penyalur pengasuh, info dari mulut ke mulut atau melalui website prekrutan online, kami dapat memberikan bantuan dengan menyeleksi mereka sebelum Anda memberikan kepercayaan kepada mereka sebelum menjaga anak anda di rumah.

Pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan data pinjaman uang dan pemeriksaan catatan kriminal dimana si calon pengasuh pernah bekerja selama 1-3 tahun dapat kami laksanakan.

Kami sediakan jasa pendampingan kepada para orang tua untuk melakukan penyaringan agen penyedia penyalur pengasuh sebelum mempercayakan mereka merawat anak-anak Anda di rumah.

Beberapa orang tua juga menginginkan untuk dilakukan tes uji narkoba dan tes psikologi terhadap pengasuh sebelum menggunakan jasa mereka.

Sangat disarankan untuk melakukan Pemeriksaan ‘Latar Belakang’ calon Pengasuh sebelum kontrak apapun ditandatangani, terutama jika Anda akan sering meninggalkan anak untuk diasuh atau dijaga olehnya.